7 Tips Jitu Membentuk Tim yang Solid

7 Tips Jitu Membentuk Tim yang Solid

by Ming

Semua yang dikerjakan akan sia-sia, bahkan gagal jika tim yang diajak bekerjasama tidak solid. Untuk itu tim yang solid sangat diperlukan agar pekerjaan mencapai keberhasilan. Lalu bagaimana cara membentuk tim yang solid? Berikut akan dijelaskan lebih lanjut tentang tips jitu membentuk tim yang solid.
Cara Membentuk Tim yang Solid
Hal yang perlu kalian lakukan jika ingin membentuk tim yang solid antara lain sebagai berikut.

 

1. Komunikasi yang intensif

Komunikasi sangat penting. Masalah sekecil apapun sebaiknya dikomunikasikan dengan tim, dengan begitu tidak akan ada kesalahpahaman yang bisa membuat kerjasama tim menjadi berantakan.
Karena sesuatu yang kalian anggap hal kecil, bisa jadi dianggap sesuatu yang sangat besar dan penting oleh orang lain. Begitu pun sebaliknya. Jadi sebaiknya komunikasikan segala permasalahan yang menimpa. Jangan takut kena marah atau hal buruk lainnya. Karena hal tersebut pasti hanya bersifat sementara.

komunikasi

2. Saling percaya

Kepercayaan adalah pondasi dari sebuah hubungan, begitu pula dengan kepercayaan dalam tim. Jika kalian tidak bisa mempercayai rekan dalam tim, bagaiman tim Anda akan bisa solid?
Tanpa adanya kepercayaan, kalian bisa saling berprasangka satu sama lain yang akhirnya bisa membuat tim tidak solid. Pekerjaan pun menjadi berantakan.

3. Saling menerima

Dalam tim pasti terdapat beberapa orang dengan kepribadian yang berbeda. Kalian perlu memahami dan menerima satu sama lain agar hubungan di tim bisa berjalan lancar.
Setiap orang pasti memiliki kekurangan tertentu karena tidak mungkin ada orang yang benar-benar sempurna. Nah kalian harus bisa menerima kekurangan orang tersebut, tapi jika memang kekurangannya memperlambat kinerja tim, maka kalian perlu menasehatinya juga.
Kalian harus menasehati dengan baik-baik agar tidak menyakiti perasaan orang tersebut.

saling percaya

4. Saling menghormati dan menghargai

Tips keempat ini hampir sama dengan tips sebelumnya. Intinya kalian harus mau menghargai usaha rekan yang lain. Hormati mereka juga. Jika hal yang rekan kalian usulkan tidak menarik, jangan langsung ditanggapi dengan hal-hal buruk.
Kalian harus menghargainya, menanggapinya dengan baik, dan mengemukakan alasan mengapa ide atau usul dia ditolak. Dalam tim biasanya juga ada perbedaan usia. Mereka yang tua harus lebih dihormati, tapi yang tua juga harus menghargai yang lebih muda. Dengan begitu kesenjangan usia tidak menjadi masalah yang berarti.

5. Memahami peran dan tanggung jawab

Dalam tim tentu sudah dibagi tugasnya masing-masing. Nah anggota dalam tim sebisa mungkin harus memahami peran dan tanggung jawab mereka agar tidak ada bentrok pekerjaan. Jika sudah tahu peran masing-masing, penyelesaian setiap tugas pasti bisa lebih fokus sehingga lebih cepat selesai.

menghormati dan menghargai
6. Komitmen yang kuat

Dalam tim diperlukan komitmen yang kuat agar tim bisa solid dan bertahan lama. Setiap orang dalam tim harus mampu menyemangati diri-sendiri dan rekan dalam satu tim. Dengan begitu tidak akan ada salah satu yang merasa paling berat tugasnya, karena mereka sudah berkomitmen untuk menyelesaikan semua persoalan bersama-sama, saling mendukung, dan saling menguatkan.

7. Evaluasi rutin

Hal satu ini tidak dapat ditinggalkan dalam sebuah tim. Sebagai tim, kalian harus mempunyai waktu tersendiri untuk evaluasi kerja yang telah dilakukan. Evaluasi bisa dalam bentuk formal ataupun non formal, seperti sambil makan-makan, jalan-jalan, dan lainnya.
Saat evaluasi, semua anggota tim harus terbuka akan masalah yang dialami dan mau mengeluarkan unek-unek yang dipendam agar semua urusan berjalan lancar dan tim tetap solid.
Nah demikian tadi sedikit tips jitu membentuk tim yang solid. Semoga tim kalian selalu solid dan sukses.

Spread the love